Kamis, 01 Oktober 2009

rahasia sukses bob sadino

Bob Sadino memaparkan rahasia suksesnya yang besar dalam tiga rumusan yang sederhana, yang gampang diingat dan bisa diterapin siapa saja, melintasi bidang kerja, melintasi generasi, tak lekang waktu. Apa itu, cek uraiannya sebagai berikut.
1. BE THE FIRST Atau jadilah yang pertama, jadi kalo mau nulis apapun, kayaknya seru banget tuh kalo kita jadi yang pertama. Sulit? Ya, zaman sekarang apa yang nggak sulit untuk memulai sesuatu yang benar-benar pertama kali? Termasuk tulisan, cari tulisan apa aja deh, pasti kita bisa nemuin banyak referensi dan cerita yang sejenis. Nah, terus gimana dong? Pake rumus Bob yang kedua.
2. BE THE BESTatau jadilah yang terbaik. Kita boleh jadi memang nulis sesuatu yang udah banyak ditulis orang, misalnya kisah cinta remaja. It's ok, tapi pastiin bahwa tulisan kita adalah tulisan yang terbaik dan kita udah ngelakuin yang maksimal dan terbaik juga untuk tulisan kita, misalnya aja dengan ngolah kata-katanya hingga jadi ciri khas kita dan bikin kita jadi yang terbaik di antara yang lainnya.Masih susah juga? Gimana dong, setiap kali ada yang terbaik, nggak lama pasti akan muncul yang lebih baik lagi. Iya nggak? Nah, jangan khawatir, ada rumusan ketiga yang bisa dipake.
3. BE THE DIFFERENTjadilah yang berbeda. Apa maksudnya? Milikilah sesuatu yang unik, yang berbeda, yang khas yang nggak dimiliki oleh orang lain. Caranya gimana, ya terus ngegali dan ngolah kemampuan menulus kita, hingga jadi berbeda dari yang lainnya.
ketiganya udah kita terapin, kayaknya nulis bagus bukan hal yang sulit lagi ya? Saat saya masih bekerja menetap dan dikejar-kejar deadline gila, jangankan untuk mikirin yang pertama, yang terbaik, ato yang berbeda; isinya hanya kepala jadi tambah stres dan makin depresi. Menulis hanyalah sebentuk pelarian untuk menghilangkan stres dan depresi tersebut.
take by Ryani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar